Tuesday, June 6, 2017

Diagnosis dan Pengobatan Kanker Darah (Leukimia)



Diagnosis dan Pengobatan Kanker Darah (Leukimia)



Diagnosis Kanker darah

Pertanma dokter akan menanyakan apa gejala-gejala yang di alami. Lalu pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa kulit, limfonodi, hati dan limpa yang berkaitan dengan tanda-tanda kanker darah. Apabila dokter menemkan tanda-tanda adanya kemngkinan kaker darah maka akan dilakukan tes darah serta biopsi sumsum tulang agar mendapatkan pemeriksaan yang detail. Selain itu dokter juga akan menganjurkan untuk melakukan tes sumsum belakang. dokter akan mengambil sampel jaringan sumsul belakang menggunakan jarum tipis panjaga pada pemeriksaan ini. Sampel kemudian diperiksa dilaboratoriaum untk menunjukan apa jenis kanker darah yang dialami serta menentukan pengobatan yang tepat.

Pengobatan Kanker Darah

Sebelum melakukan pengobatan dokter akan mendiskusikan langkah pengobatan yang tepat untuk menangani jenis kanker darah tersebut. Pengobatan akan disesuaikan dengan umur, jenis stadium dan kesehatan pasien.

Beberapa metode yang umum disareankan  untuk menangani kanker darah. Diantaranya :


  • Radioterapi. Teknik pengobatan ini menggunakan sinar X untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Radioterapi dapat dilakukan hanya pada area tertentu yang terserang kanker, ataupun pada seluruh tubuh, bergantung dari kondisi Anda. Radioterapi juga dapat dilakukan untuk persiapan melakukan transplantasi sel induk.
  • Kemoterapi merupakan pilihan terapi paling umum untuk kasus leukimia. Pengobatan kemoterapi menggunakan bahan-bahan kimia untuk membunuh sel-sel kanker darah. Penantian dengan pengawasan. Ini ditujukan bagi penderita leukemia limfatik kronis. Dalam terapi ini, pengamatan secara seksama dilakukan guna melihat perkembangan penyakit. Terapi ini juga dapat dilakukan jika seseorang sudah terbukti mengidap leukemia limfatik kronis, namun tidak mengalami gejala yang menunjukkan penyakit tersebut.
  • Terapi terfokus untuk menyerang bagian-bagian rentan dalam sel-sel kanker. Terapi biologis untuk membantu sistem kekebalan tubuh mengenali dan menyerang sel-sel kanker